Kuncung, 18 November 2025 — Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Kuncung melaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Tahun 2025, yang berlangsung pada Hari Selasa, 18 November 2025. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk menilai kualitas kinerja Kepala Madrasah dalam mengelola, mengembangkan, serta meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan madrasah.
Kegiatan penilaian pada tahun ini dilakukan oleh Tim Penilai 1, Bapak Tumaji, A.Ma., S.Pd., M.Pd.I, dan Tim Penilai 2, Bapak Hadi Siswanto, S.Pd., M.Pd.I. Kedua penilai hadir langsung di MIS Al Falah Kuncung untuk melakukan observasi, pemeriksaan dokumen, wawancara, dan verifikasi lapangan sesuai standar penilaian PKKM.
Adapun fokus penilaian meliputi empat indikator utama, yaitu:
1. Usaha Pengembangan Madrasah
Penilaian ini mencakup upaya Kepala Madrasah dalam merancang program strategis, menjalin kerja sama, mengoptimalkan sarana prasarana, serta meningkatkan mutu pembelajaran dan prestasi siswa. Inovasi-inovasi yang telah dijalankan selama tahun berjalan menjadi poin penting dalam penilaian ini.
2. Pelaksanaan Tugas Manajerial
Pada aspek ini, tim penilai menelaah bagaimana Kepala Madrasah mengelola administrasi kelembagaan, menyusun perencanaan, melaksanakan pengorganisasian, melakukan pengawasan, hingga memastikan tata kelola madrasah berjalan efektif, transparan, dan akuntabel.
3. Pengembangan Kewirausahaan
Indikator ini menilai kreativitas dan kemandirian madrasah dalam mengembangkan potensi kewirausahaan, baik melalui program inovatif, kolaborasi dengan masyarakat, maupun pemberdayaan warga madrasah agar mampu menciptakan kegiatan produktif yang mendukung kemandirian lembaga.
4. Supervisi Pend idik dan Tenaga Kependidikan (PTK)
Tim penilai melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial yang dilakukan oleh Kepala Madrasah. Penilaian mencakup perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut, serta peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan.
Kegiatan PKKM Tahun 2025 berjalan dengan lancar, objektif, dan penuh keakraban. Selain sebagai evaluasi, kegiatan ini juga menjadi sarana refleksi untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan, pelayanan, serta komitmen Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Kuncung dalam mewujudkan pendidikan yang unggul, berkarakter, dan berkelanjutan.
Dengan terselenggaranya PKKM ini, diharapkan mutu pengelolaan madrasah semakin meningkat dan mampu memberikan layanan pendidikan terbaik kepada peserta didik, guru, serta masyarakat.